6 Langkah Penting Sebelum Membuat Blog

langkah sebelum membuat blog, tips sebelum membuat blog

Langkah Sebelum Membuat Blog - Sebelum membuat blog, ada beberapa persiapan dan riset yang harus dilakukan agar blog Anda dibangun dengan tekad yang matang.

Banyak orang yang membuat blog namun tidak mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat sebuah blog gagal untuk bersaing.

Perlu Anda ketahui, jumlah blog yang ada di internet sekarang sudah mencapai angka ratusan juta hingga Miliaran. Jika ingin bersaing, Anda harus membuat persiapan yang matang.

Beda halnya jika Anda membuat blog hanya untuk hobi saja. Anda bisa langsung membuat asal-asalan saja yang penting bisa online dan bisa dibaca sama orang.

Namun bagi Anda yang membuat blog untuk monetisasi, silahkan ikuti beberapa tips berikut.

Langkah Sebelum Membuat Blog

Dibawah ini beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum membangun blog baru di Blogger maupun di WordPress atau di platform lainnya.

Menentukan Topik

Yang paling utama untuk Anda lakukan adalah menentukan topik blog. Pastikan Anda memilih topik yang sesuai dengan kemampuan atau fashion Anda.

Misalnya Anda memiliki kemampuan dalam bidang memasak, silahkan buat blog dengan topik resep masakan. Begitu juga sebaliknya, pastikan Anda memilih topik yang sesuai hobi.

Jika Anda membuat blog dengan topik bisnis, sedangkan Anda tidak ada kemampuan dalam hal bisnis, bisa dipastikan Anda akan bingung dalam menulis artikel.

Mau salin artikel dari blog orang lain ? Mending tidak usah buat blog saja.

Memilih Template

Setelah Anda menemukan topik yang cocok, saatnya memilih template blog yang cocok dengan topik tersebut. Di internet banyak kok template Blogger gratis.

Pilihlah template blog yang sekiranya cocok dengan topik Anda. Dan pastikan template yang Anda pilih sudah memiliki kriteria yang bagus agar mudah bersaing di mesin pencari.

Menentukan Jadwal Update

Saya pernah membaca di salah satu forum Blogger, update blog yang bagus itu harus di jam yang sama setiap harinya agar mesin pencari mudah index blog Anda.

Misalnya hari Senin Anda update artikel pada jam 10:00 dan jam 15:00, pada hari Selasa lakukan juga update pada jam tersebut.

Jika Anda melakukan hal tersebut secara rutin setiap hari, maka mesin pencari akan mudah mengenali kapan blog Anda akan melakukan update artikel terbaru.

Sebaiknya, pilih saja saat waktu luang Anda.Misalnya pada malam hari atau pada pagi hari setelah Subuh, sebelum Anda berangkat bekerja dan sekolah.

Ketersediaan Username Sosial Media

Apa hubungannya sosial media dengan membuat blog ? Ok disini akan saya jelaskan sedikit.

Sebenarnya peran sosial media seperti Facebook, Twitter dan Pinterest sangan penting untuk dongkrak posisi blog di mesin pencari.

Setelah membuat artikel, Anda bisa bagikan artikel tersebut di sosial media milik blog Anda.

Seperti yang kita ketahui, sosial media seperti Facebook sangat cepat terindex Google. Blog akan mendapatkan Backlink dari sana meskipun hanya backlink dofollow.

Jika blog Anda belum ada pengunjung dari mesin pencari, setidaknya ada beberapa pengunjung dari sosial media tersebut.

Sebelum membuat blog, pastikan terlebih dahulu username dari sosial media yang akan Anda gunakan masih tersedia untuk blog yang akan Anda buat.

Misalnya seperti blog ini dengan nama AkbarNesia. Blog ini memiliki akun Pinterest dengan username @akbarnesia (https://pinterest.com/akbarnesia).

Namun sayangnya, username tersebut sudah digunakan orang lain di Facebook dan Twitter. Hal ini terjadi  karena saya cek username setelah membuat blog ini.

Menentukan Domain Blog

Langkah sebelum membuat blog yang harus dilakukan selanjutnya adalah menentukan domain. Menentukan domain sebelum membuat blog sangat penting dilakukan.

Domain berfungsi sebagai alamat blog. Pastikan Anda memilih domain yang mudah diingat dan mudah untuk dibaca. Jangan membuat domain yang terlalu panjang.

Domain blog tidak selalu harus mengandung kata kunci utama dari topik blog. Anda bisa mencantumkan nama di domain seperti yang ada pada domain blog ini.

Untuk ekstensi domain, saya sarankan untuk lebih mengutamakan .com. Namun jika sudah tidak tersedia, bisa memilih ekstensi .net atau .id sebagai alternatif.

Namun jika Anda masih ingin menggunakan subdomain dari Blogger juga tidak masalah. Subdomain Blogger juga bagus kok untuk bersaing di mesin pencari dan bisa di monetisasi.

Kesimpulan

Beberapa tips yang saya bagikan diatas sebenarnya hanya untuk Anda yang ingin membangun blog untuk mendapatkan penghasilan dalam jangka panjang.

Bagi Anda yang membuat blog hanya untuk menyalurkan hobi menulis saja, bisa juga mengikuti tips diatas dan bisa juga untuk mengabaikannya.

Saat membangun blog, saya selalu melakukan beberapa tips diatas. Dan terbukti blog yang saya bangun dengan beberapa tips tersebut lebih mudah berkembang.

Untuk platform, Anda bisa menggunakan Blogger milik Google terlebih dahulu. Agar telihat sedikit profesional, silahkan beli domain .com dengan harga kisaran 120 ribu setahun.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama